Kamis, 24 Januari 2013

MODEL MATEMATIKA ADSORPSI ZEOLIT ALAM TERHADAP ION Zn PADA AIR LIMBAH ELEKTROPLATING

Air limbah industri elektroplating mengandung berbagai jenis ion logam yang berbahaya bagi lingkungan, misalnya Seng dan Nikel . Konsentrasi ion logam berat tersebut dapat berada di atas nilai Baku Mutu kualitas air limbah, maka perlu dilakukan pengolahan sebelum dibuang ke lingkungan Pada penelitian ini, pengolahan air limbah industri elektroplating dilakukan dengan menggunakan zeolit sebagai adsorbent ion logam Zn. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tangki berpengaduk
Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan persamaan matematika Langmuir dan Freundlich daya serap zeolit terhadap ion Zn.Kondisi yang ditetapkan : volume limbah 200ml, putaran pengaduk 100 rpm Sedangkan peubah yang dilakukan : Ukuran zeolit, waktu pengadukan dan berat zeolit. Air limbah bersama zeolit diaduk dengan dalam waktu tertentu kemudian disaring , filtratnya dianalisa kandungan ion Zn nya. Konsentrasi awal dari air limbah (Zn 2+) adalah: 113,37 mg/l.
Persamaan yang didapat dalam penelitian ini untuk ukuran zeolit 40 mesh adalah sebagai berikut :
Persamaan Freundlich : ln (x/m) = 0,3268 ln c - 0,8284, dengan koefisien korelasi R2 = 0,9262 .
Berdasarkan persamaan diatas dapat dihitung kebutuhan zeolit untuk menurunkan kandungan Zn dalam air limbah elektroplating sampai konsentrasi yang diinginkan .
Kata kunci : zeolit, limbah electroplating, adsorpsi, ion Zn

Silahkan download jurnal ini : Disini

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes