Kamis, 24 Januari 2013

PEMANFAATAN BONGGOL PISANG UNTUK PEMBUATAN ASAM PHOSPAT

Pisang merupakan tanaman budidaya dengan prospek yang baik karena banyak terdapat content penanganannya dan cepat berkembang biak. Dilihat dari komposisi kimianya, bonggol pisang mengandung phosphor cukup banyak sehingga dapat dimanfaatkan. Dengan menggunakan proses tertentu dan penambahan alkali asam sulfat maka phosphor yang terkandung dalam bonggol pisang dapat diproses menjadi asam phospat.
Penelitian ini bertujuan untuk pemanfaatan limbah pohon pisang untuk dijadikan asam phospat yang dapat digunakan sebagai bahan baku pupuk sintetis misalnya; TSP, NPK, dll, juga dapat digunakan sebagai penjernihan nira tebu untuk menghilangkan kotoran-kotoran atau senyawa yang terkandung dalam nira tebu. Dibarapkan penelitian ini menambah nilai ekonomis terhadap bonggol pisang yang tidak dimanfaatkan. Pada penelitian ini terdapat dua tahapan proses yaitu : Proses pembakaran bonggol pisang yang mengandung kalsium dan phosphor akan membentuk kalsium phospat. Kemudian dilanjutkan proses pembentukan asam phospat. Pada reaksi pembentukan asam phospat ini juga terbentuk gypsum. Hasil penelitian ini  enunjukken
bahwa pada waktu operasi 3 jam dan konsentrasi asam sulfat 60 % didapat konversi phospat terbesar yaitu 0,79 yang terdapat pada pisang ambon.
Kata kunci : bonggol pisang, asam phospat

Silahkan download jurnal ini : Disini

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes