Kamis, 24 Januari 2013

PENENTUAN KOEFISIEN PERPINDAHAN MASSA LIQUID SOLID DALAM KOLOM PACKED BED DENGAN METODE ADSORPSI

Proses perpindahan massa sangat penting dalam bidang ilmu pengetahuan teknik. Perpindahan massa terjadi pada komponen dalam campuran berpindah dalam fase yang sama atau dari fase satu ke fase yang lain arena adanya perbedaan konsentrasi.

Salah satu jenis kolom yang popular adalah Packed Bed yang merupakan suatu silinder panjang, biasanya berdiri tegak dan berisi “packing” yang diam di dalamnya. Karena penggunannya yang sangat luas, maka diperlukan lebih banyak lagi informasi dan study untuk memperkirakan koefisien perpindahan massa dalam kolom “Packed Bed”.

Penelitian ini dilakukan dalam sistim Adsorpsi dengan menggunakan karbon aktif lokal sebagai adsorbennya dan larutan Asam benzoat sebagai adsorbatnya, kolom bed dengan diameter 63 mm, dan tinggi partikel 40 cm. Laju alir cairan sebesar 10 ml/s sampai 30 ml/s pada konsentrasi awal yang berbeda-beda antara 0.01 sampai 0.03. Hasil penelitian ini harga konsentrasi keluarga akan semakin kecil dengan semakin naiknya kecepatan liquida dengan konsentrasi awal tetap, sehingga harga koefisien perpindahan massa (kLa) antara 0,03287- 0,03390 s-1 atau semakin besar dengan semakin besarnya kecepatan alir liquida pada konsentrasi
awal tetap.

Kata Kunci : Perpindahan massa, Adsorpsi, Asam benzoat.

Silahkan download jurnal ini : Disini

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes