Kamis, 24 Januari 2013

PENGAMBILAN MINERAL ELEKTROLIT DARI LIMBAH GARAM (BITTERN) UNTUK SUPLEMEN MINERAL IONIC PADA AIR MINUM

Bittern adalah cairan pekat yang diperoleh dari sisa kristalisasi proses pembuatan garam. Bittern mengandung berbagai mineral baik mineral makro maupun mineral mikro. Mineral ini terjadi karena tidak ikut mengkristal saat pembuatan garam. Dari banyaknya mineral yang terkandung dalam Bittern, ada beberapa mineral yang mempunyai konsentrasi tinggi yaitu : Magnesium (Mg), Natrium (Na), Kalium (K), dan Calcium (Ca). Ke-empat mineral ini merupakan mineral yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia, sehingga dapat dipakai sebagai suplemen mineral ionic untuk kesehatan.
Membran Elektrodialisis merupakan salah satu proses pemisahan ion-ion dari suatu larutan dengan mempergunakan arus listrik melalui membrane semipermiabel yang bersifat permeable terhadap ion tertentu. Proses ini menghasilkan satu bagian yang pekat yang disebut “Konsentrat” dan bagian lain yang encer disebut “Diluat”.
Variable yang akan dilakukan pada penelitian ini, antara lain : konsentrasi bittern, voltage dan waktu operasi. Dan hasil penelitian terbaik berlangsung pada kondisi : Konsentrasi feed pada komposisi Bittern 1, Voltage yang dijalankan 2,9 Volt dan Waktu operasi selama 150 menit serta menghasilkan % Rejeksi Magnesium (Mg) = 91,9% , % Rejeksi Natrium (Na) = 74,66% , % Rejeksi Kalium (K) = 92,88% dan % Rejeksi Calsium (Ca) = 96,19%.
Kata kunci : bittern, membrane, elektrodialisis, konsentrat, diluat, rejeksi

Silahkan download jurnal ini : Disini

0 comments:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes